27.2.15

SEDEKAH BUMI



Dalam rangka melambangkan rasa syukur petani yang tergabung dalam poktan Tani Maju desa Deyeng-kec. Ringinrejo terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui Tanah/Bumi berupa segala bentuk hasil bumi khususnya dibidang pertanian, maka diselenggarakan kegiatan Sedekah Bumi yang dilaksanakan di area bendungan desa setempat pada hari jumat (27/2/2015)


Kegiatan Sedekah Bumi ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun, tepatnya setelah semua petani selesai tanam padi saat musim tanam tiba. Adapun maksud kegiatan ini secara spesifik adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap para leluhur yang telah mewariskan tradisi jawa berupa selamatan. Para petani mengirimkan doa supaya usaha pertanian khususnya budidaya padi bisa sukses sesuai harapan.  Untuk itu, guna mendukung keberhasilannya, poktan juga mengundang Penyuluh Pertanian setempat yang dalam hal ini disampaikan bapak heri prasetyo selaku PPL wilayah desa binaan desa Deyeng.


Dalam kesempatan tersebut, PPL menyampaikan sejumlah materi teknis, antara lain adanya gejala serangan penyakit hawar daun bakteri dan blast. Ditegaskan bahwa dalam berusaha tani padi dapat kiranya petani selalu mengadakan pengamatan terhadap padinya secara berkala minimal tiap minggu, sehingga ketika terjadi serangan bisa diketahui sejak dini dan pengendalian bisa dilakukan secara cepat dan tepat waktu.


2 komentar:

  1. Hebat.... Brekat'e akeh, parameter PPL bisa mwnggerakkan petani unt bersyukur......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm..slain usaha..qta jg wjb doain para leluhur..bapa/ibu bumi lan nunggu kali

      Hapus