27.11.14

Pelatihan Pakan Ternak Sapi

Dalam rangka optimalisasi pakan lokal, maka pada 26 Nop 2014 dilaksanakan pelatihan pakan ternak sapi bertempat di balai desa Dawung kec. Ringinrejo-kab. kediri. Adapun pematerinya dibawakan langsung oleh penyuluh pertanian, yang dalam hal ini saudara Tri Wahyudi, SP. Pelatihan ini bertujuan agar peternak mampu memanfaatkan limbah pertanian, menjaga keseragaman mutu pakan, produktivitas sapi sekaligus menambah ketrampilan serta pengetahuan dalam hal prosessing pakan ternak.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan pakan diantaranya, ketersediaan bahan, kadar gizi, harga, kemungkinan adanya faktor pembatas seperti zat racun atau anti nutrisi serta perlu tidaknya bahan tersebut diolah sebelum
digunakan sebagai pakan ternak






Berikut ulasan komposisi pakan sapi berdasarkan usia :
a. Sapi sapihan : model pakan yang diberikan untuk sapi sapihan dengan bobot badan 150 - 175 kg, skor kondisi badan 6 - 7 adalah 2 - 3 kg konsentrat komersial/ dedak padi kualitas baik,3 kg kulit singkong, rumput segar 3 - 4 kg dan jerami padi kering ad-libitum (+ 1- 2 kg).
b. Sapi dara : model pakan untuk sapi dara dengan bobot badan 200 kg, adalah 2 kg konsentrat komersial/dedak padi kualitas baik, 3 kg tumpi jagung, 1 kg kulit kopi, rumput segar 3 – 4 kg dan jerami padi kering ad-libitum (+2 - 3 kg).

 c. Sapi bunting tua : model pakan yang diberikan untuk sapi induk bunting tua dengan bobot badan 325 – 350 kg, adalah 2 – 3 kg konsentrat komersial/dedak padi kualitas baik, 4-6 kg tumpi jagung, 1 kg kulit kopi, rumput segar 3 - 4 kg dan jerami padi kering ad-libitum (+ 4 - 5 kg).
d. Sapi menyusui : model pakan yang diberikan untuk sapi induk menyusui dengan bobot badan 300 kg, adalah 4 -7 kg konsentrat komersial/dedak padi kualitas baik, 6 kg tumpi jagung, rumput segar 4 kg dan jerami padi kering ad-libitum (+ 5 kg).


1 komentar: